Question and Answer tentang Kampus Tahfizh YPIA


Picture by graphics.com

Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barokaatuh

Alhamdulillah. Welcome back^^



Sesuai yang sudah saya sampaikan di postingan sebelumnya, kali ini saya mau membuat QnA terkait Kampus Tahfizh. Alhamdulillah ada beberapa pertanyaan yang masuk meski saya buat kuisioner untuk umum, tapi insyaallah bisa digunakan di sini. Jazakumullahu khoyron yang sudah bersedia membantu^^

Langsung saja ya...

Apa yang harus dipersiapkan?
Dari saya pribadi, yang harus disiapkan pertama adalah mental.
Kita harus perkuat mental kita dulu sebelum belajar. Namanya juga belajar, pasti akan ada saat kita berada di titik terendah. Entah kesulitan, minder, kecewa karena tidak segera bisa. Untuk banyak hal itu, kita harus bisa mengendalikan nya.

Kedua, sabar dan komitmen. 2,5 bulan bukan waktu yang sebentar. Jadi harus sabar dan komitmen mengikuti sampai akhir. Namanya juga belajar, pasti butuh waktu dan pasti ada fase jatuh bangun. Maka, kita harus bisa sabar menjalani. Nikmati saja.
Juga harus mampu melawan rasa malas. Jangan sampai seperti menganyam (selang-seling: sekarang berangkat besok tidak)

Dan yang tidak kalah penting adalah modal berupa uang. Terutama biaya pendaftaran kelas dan bayar kitab. Juga ongkos bensin bagi yang naik kendaraan.

Dimana tempatnya?
Untuk KT ini, seperti yang sudah saya singgung, ada di Yogyakarta. Tepatnya di daerah Pogung. Dan kbmnya di wisma milik YPIA.

Apa waktu nya bisa disesuaikan dengan rutinitas kita?
Insyaallah bisa. Sepaham saya, target YPIA itu ada di kalangan mahasiswa/i. Jadi, banyak program mereka yang rata-rata sore hari dan weekend.
KT ini diadakan tiap weekend. Jadi kalau mau ikut, silakan teman-teman reschedule untuk mengosongkan acara di akhir pekan.

Apa gurunya tergantung peserta (laki-laki dengan laki-laki, pun sebaliknya)?
Alhamdulillah kelasnya untuk kelamin sejenis. Guru akhwat mengajar murid akhwat, begitu pula sebaliknya.

Apakah ada batasan usia untuk ikut bimbel??
Kalau tidak salah ada, tapi saya lupa batasnya berapa. Yang pasti, sebelum masuk KT, ada baiknya sudah bisa membaca Al Qur'an. Karena tujuannya adalah memperbaiki, bukan mempelajari Al Qur'an dari nol.

Kapan dibuka angkatan baru?
Dari pengamatan saya, KT ini buka setahun 2x, awal dan pertengahan tahun.
Yang pernah saya lihat, pendaftaran berkisar antara bulan Februari dan Agustus
Nanti mulai kbm Maret dan September.

Tambahan: ternyata kemarin saya sempat melihat pembukaan kelas intensif selama liburan di Kampus Tahfizh. Berarti kurang lebih setahun bisa membuka 3x. Tapi untuk kelas intensif ini durasinya cukup pendek (kurleb 2 pekan), jadi memang benar-benar harus meluangkan waktu agar bisa mengikuti.

Berapa biaya nya?
Setiap tingkatan berbeda biayanya. Kalau tidak salah yang paling mahal adalah kelas Tahsin Dasar 1.
Rinciannya kurang lebih Rp 100.000 < x < Rp 200.000
Insyaallah terjangkau. Kalaupun nabung, masih kekejar.

Apa suka duka ikut KT?
Banyak sukanya dibanding duka.
Sukanya sudah saya sedikit singgung di postingan sebelumnya.
Dukanya, ada tapi tidak mengurangi kenikmatan saya dalam belajar.
Dukanya itu yakni ketika, ustadzah ada udzur yang membuat kbm libur. Lalu diadakan kelas pengganti setelah selesai ujian. Qadarullah kelas pengganti nya sore selama beberapa hari secara berturut-turut. Mau tidak mau, saya tidak bisa ikut.

Ya kalau pakai hitungan baik dari segi materi buku dan uang, saya jelas rugi. Harusnya ada 20 pertemuan, saya cuma hadir 75% saja. Terus meski kelas pengganti hanya berisi setoran dan talaqqi, tetap saja ada rasa sedih di hati saya.

Oke. Sepertinya itu saja yang bisa saya tulis di sesi QnA ini. Saya rasa sudah cukup menjawab pertanyaan teman-teman. Kalau merasa masih kurang silakan kirim surel ke ummuali998@gmail.com atau DM Instagram di @fahmisalaf_

Allahu yubarik fiik
Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barokaatuh


Comments

Popular posts from this blog